Header Ads

LIST ILMU 4

assalamu 'alaikum...

berikut ini LIST keilmuan ijazahan dari abah untuk seluruh anak murid abah (TAHAPAN YANG KE 4).

ilmu ilmu di bawah ini insyaAllah sudah siap abah 'turun gunung'kan atau siap untuk abah ijab juga wariskan dan siap abah sempurnakan (agar syah dzohir bathin dan haq untuk ananda turunkan atau berikan kembali kepada anak anak murid ananda masing masing.
atau kepada pasien ananda masing masing).

LIST nya antara lain adalah sebagai berikut :

1. ilmu Ta'udz Rusul

ilmu Ta'udz Rusul adalah ilmu SEMULA JADI yang khusus untuk menolak gangguan dari jin.

* untuk m.k (mahar kecil) berijazah ilmu Ta'udz Rusul ini : 199 ribu saja
(biar kecil yang penting ikhlas dan anda ridho lillahi Ta'ala).

*** ilmu Ta'udz Rusul nya alhamdulillah telah selesai abah turun gunungkan.
dan ananda dapat melihatnya disini : ilmu Taudz Rusul


2. ilmu Asmak Hadhoroh 1

(ilmu Asmak Hadhoroh 1 fungsinya agar kita di 'dukung' atau di backing atau di aamiini oleh para malaikat muqorrobiin atau oleh para rijalul ghaib ketika kita sedang berdo'a dan beramal ilmu).

* untuk m.k (mahar kecil) berijazah ilmu Asmak Hadhoroh 1 ini : 300 ribu saja
(biar kecil yang penting ikhlas dan anda ridho lillahi Ta'ala).

*** ilmu Asmak Hadhoroh 1 nya alhamdulillah telah selesai abah turun gunungkan.
dan ananda dapat melihatnya disini : ilmu Asmak Hadhoroh 1


3. ilmu Asmak Hadhoroh tingkatan 2

(ilmu Asmak Hadhoroh tingkatan 2 ini fungsinya : selain di aamiini oleh Beliau kita juga insyaAllah dapat mengendalikan energi ilmu,khodam yang kita punyai misalnya.
tingkatan ke 2 ini adalah penyempurna dari ilmu asma hadhoroh 1).

* untuk m.k (mahar kecil) berijazah ilmu Asmak Hadhoroh tingkatan 2 ini : 659 ribu saja
(biar kecil yang penting ikhlas dan anda ridho lillahi Ta'ala).

*** ilmu Asmak Hadhoroh 2 nya alhamdulillah telah selesai abah turun gunungkan.
dan ananda dapat melihatnya disini : ilmu Asmak Hadhoroh 2


4. ilmu Asmak Hadhoroh tingkatan 3

(ilmu Asmak Hadhoroh tingkatan 3 ini fungsinya : setelah kita di aamiini dan kita dapat mengendalikan atau istilah kata nya : "menyuruh energi ilmu kita" dengan suruhan atau perintah yang positif maka dengan tingkatan 3 nya insyaAllah asma hadhorohnya BERTAMBAH FUNGSI nya menjadi ILMU BAN.
kayak 'mobil' saja pakai ban ya anak anakku,heheee...
ananda semuanya pasti mengetahui akan ban tersebut? berapa besar kapasitasnya ban tersebut? coba ananda lihat pada sebuah mobil..mobil bus misalnya... walau bus tersebut adalah panjang dan gede,hehee..namun ban tersebut tetaplah kecil,iya khan anak anak ku?

ABAH SIMPULKAN : bila diri kecil kita sudah seperti ban di dalam kapasitas kehidupannya sehari harinya insyaAllah KITA AKAN MAMPU MENOPANG beribu ribu rasa karena SEPERTI LAYAKNYA BAN MOBIL : sebuah ban akan mampu menopang BEBAN BERAT di badan mobil tersebut dan walau mobil tersebut di BEBANI oleh beban yang sangat banyak maka insyaAllah ban di mobil tersebut TIDAK AKAN MENGELUH KARENA MERASA BERAT,iya tidak anak anak ku?,hehehee...

INTINYA : di tingkatan 3 asma hadhoroh ini ananda insyaAllah akan KUAT lahir dan bathinnya dan kekuatannya bukan hanya menahan beban atau serangan dari luar saja namun serangan dari dalam atau identiknya dengan serangan 'licik dan tidak terlihat kasat mata' atau yang di sebut dengan sihir yang mana sihir tersebut berupa santet atau sejenis lainnya insyaAllah nanti ananda dengan berkah,syari'at dan karomah dari ilmu asma hadhoroh 3 ini insyaAllah badan ananda LUAR dan DALAM akan sekuat besi.

dan asma hadhoroh ini dapat ANANDA TEST atau TAJRIB di dalam kekuatannya,badannya ananda 'gebuk' sama pohon tebu saja insyaAllah pohon tebu tersebut dapat hancur namun kulit ananda insyaAllah akan utuh.

PANJANG LEBAR penjelasan di asmak hadhoroh 3 ini dan insyaAllah nanti akan abah lengkapi bila ilmunya sudah abah postkan ya anak anak ku).

(ilmu Asmak Hadhoroh tingkatan 3 ini adalah penyempurna dari ilmu asma hadhoroh 1 dan 2).

* untuk m.k (mahar kecil) berijazah ilmu Asmak Hadhoroh tingkatan 3 ini : 974 ribu saja
(biar kecil yang penting ikhlas dan anda ridho lillahi Ta'ala).

*** ilmu Asmak Hadhoroh 3 nya alhamdulillah telah selesai abah turun gunungkan.
dan ananda dapat melihatnya disini : ilmu Asmak Hadhoroh 3


5. ilmu khusus jabatan

ilmu khusus jabatan ini fungsinya untuk agar pangkat kita tidak di copot.

dan insyaAllah menjadi sabab (syari'at) agar kita dapat mudah di naikkan pangkatnya (untuk pengusaha atau karyawan ilmu ini insyaAllah adalah PENTING).

dan (UNTUK PARA PEDAGANG) silahkan ananda untuk mengamalkan ilmu ini insyaAllah (dengan berkah,syari'at ilmu ini) insyaAllah ananda (di dalam perdagangannya) insyaAllah TIDAK AKAN BANGKRUT,insyaAllah...



* untuk m.k (mahar kecil) berijazah ilmu khusus jabatan ini : 456 ribu saja
(biar kecil yang penting ikhlas dan anda ridho lillahi Ta'ala).

*** ilmu khusus jabatan nya alhamdulillah telah selesai abah turun gunungkan.
dan ananda dapat melihatnya disini : ilmu Khusus Jabatan


6. ilmu Penyakit Gondongan

ilmu Penyakit Gondongan ini alhamdulillah SUDAH ABAH UJI COBA KAN (test,dan alhamdulillah LULUS SENSOR,heheheee)... dengan mengobati beberapa pasien yang mengalami sakit gondongan.

sakit gondongan kalau ISTILAH SUNDANYA adalah : PENYAKIT GONDONGEUN.

(gondongan ini adalah yang paling sering ada di bagian leher,lehernya kelihatan seperti bengkak).

PERLU DI CATAT : ilmu Penyakit Gondongan ini HANYALAH UNTUK ANAK ANAK DIDIK ABAH YANG SUDAH MEMILIKI ILMU Syahadat Nur Muhammad,ilmu Sirr Syahadat Nur Muhammad dan Ilmu Sholawat Qulhu Ghaib saja.
(bila ananda langsung masuk ke ilmu Penyakit Gondongan ini TANPA DI DASARI DENGAN 3 ILMU DI ATAS itu insyaAllah ilmunya tidak akan jalan atau tidak akan bereaksi).

* untuk m.k (mahar kecil) berijazah ilmu untuk syari'at Penyakit Gondongan ini adalah : 100 ribu DAN TANPA DISKON.
(BOLEH ANANDA KIRIMKAN KE REKENING BANK yang abah miliki, atau : ANANDA BOLEH menebus ijazahannya DENGAN PULSA.

100 ribu,kecil ya,heheheee...biar kecil yang penting ikhlas dan anda ridho lillahi Ta'ala,iya khan anak anakku??,heheheee)...

dan BAGI ANANDA yang sudah bisa membuka praktek hikmah di kampung halamannya maka ilmu Penyakit Gondongan ini dapat ananda kuasai,jaga jaga kalo ada pasien yang menderita penyakit gondongan 'khan' ananda tinggal langsung praktek,heheee...


7. ilmu Sakit Pinggang

ilmu Sakit Pinggang ini alhamdulillah SUDAH ABAH UJI COBA KAN (test,dan alhamdulillah LULUS SENSOR,heheheee)... dengan mengobati beberapa pasien yang mengalami sakit di pinggangnya.

sakit pinggang kalau ISTILAH SUNDANYA adalah : NYERI CANGKENG,heheheee.....

PERLU DI CATAT : ilmu Sakit Pinggang ini HANYALAH UNTUK ANAK ANAK DIDIK ABAH YANG SUDAH MEMILIKI ILMU Syahadat Nur Muhammad,ilmu Sirr Syahadat Nur Muhammad dan Ilmu Sholawat Qulhu Ghaib saja.
(bila ananda langsung masuk ke ilmu Sakit Pinggang ini TANPA DI DASARI DENGAN 3 ILMU DI ATAS itu insyaAllah ilmunya tidak akan jalan atau tidak akan bereaksi).

* untuk m.k (mahar kecil) berijazah ilmu untuk syari'at Sakit Pinggang ini adalah : 100 ribu DAN TANPA DISKON.
(BOLEH ANANDA KIRIMKAN KE REKENING BANK yang abah miliki, atau : ANANDA BOLEH menebus ijazahannya DENGAN PULSA.

100 ribu,kecil ya,heheheee...biar kecil yang penting ikhlas dan anda ridho lillahi Ta'ala,iya khan anak anakku??,heheheee)...

dan BAGI ANANDA yang sudah bisa membuka praktek hikmah di kampung halamannya maka ilmu Sakit Pinggang ini dapat ananda kuasai,jaga jaga kalo ada pasien yang menderita penyakit sakit di pinggangnya entah itu karena faktor usia atau karena kesibukan 'khan' ananda tinggal langsung praktek saja,iya kan anak anakku??,heheheee...

*** ilmu Sakit Pinggang nya alhamdulillah telah selesai abah turun gunungkan.
dan ananda dapat melihatnya disini : ilmu Sakit Pinggang


8. ilmu Penyakit Amandel

ilmu Penyakit Amandel ini alhamdulillah SUDAH ABAH UJI COBA KAN (test,dan alhamdulillah LULUS SENSOR,heheheee)... dengan mengobati beberapa pasien yang mengalami sakit di dalam lehernya,susah menelan makanan dan susah untuk bicara di karenakan di lehernya terhalang sesuatu yaitu amandel.

BAGI ANANDA yang sudah bisa membuka praktek hikmah di kampung halamannya maka ilmu Penyakit Amandel ini dapat ananda kuasai,jaga jaga kalo ada pasien yang menderita penyakit amandel 'khan' ananda tinggal langsung praktek untuk MENGOBATINYA,heheee...

PERLU DI CATAT : ilmu Penyakit Amandel ini HANYALAH UNTUK ANAK ANAK DIDIK ABAH YANG SUDAH MEMILIKI ILMU Syahadat Nur Muhammad,ilmu Sirr Syahadat Nur Muhammad dan Ilmu Sholawat Qulhu Ghaib saja.
(bila ananda langsung masuk ke ilmu Penyakit Amandel ini TANPA DI DASARI DENGAN 3 ILMU DI ATAS itu insyaAllah ilmunya tidak akan jalan atau tidak akan bereaksi).

* untuk m.k (mahar kecil) berijazah ilmu untuk syari'at Penyakit Amandel ini adalah : 100 ribu DAN TANPA DISKON.
(BOLEH ANANDA KIRIMKAN KE REKENING BANK yang abah miliki, atau : ANANDA BOLEH menebus ijazahannya DENGAN PULSA.

100 ribu,kecil ya,heheheee...biar kecil yang penting ikhlas dan anda ridho lillahi Ta'ala,iya khan anak anakku??,heheheee)...
*** ilmu Penyakit Amandel nya alhamdulillah telah selesai abah turun gunungkan.
dan ananda dapat melihatnya disini : ilmu Penyakit Amandel


9. ilmu Sholawat Minyak Bathin

ilmu Sholawat Minyak Bathin ini FUNGSI UTAMANYA adalah UNTUK PEMBUKA REZEQI (yang insyaAllah cepat) dan UNTUK MAHABBAH UMUM (yang insyaAllah Mujarroban).

ilmu Sholawat Minyak Bathin ini TIDAK DI PUASAI.

PERLU DI CATAT : ilmu Sholawat Minyak Bathin ini HANYALAH UNTUK ANAK ANAK DIDIK ABAH YANG SUDAH MEMILIKI ILMU Syahadat Nur Muhammad,ilmu Sirr Syahadat Nur Muhammad dan Ilmu Sholawat Qulhu Ghaib saja.
(bila ananda langsung masuk ke ilmu Sholawat Minyak Bathin ini TANPA DI DASARI DENGAN 3 ILMU DI ATAS itu insyaAllah ilmunya tidak akan jalan atau tidak akan bereaksi).

* untuk m.k (mahar kecil) berijazah ilmu Sholawat Minyak Bathin ini adalah : 573.000
(biar kecil yang penting ikhlas dan ananda ridho lillahi Ta'ala).

* ilmu Sholawat Minyak Bathin nya alhamdulillah telah selesai abah turun gunungkan.
dan ananda dapat melihatnya disini : ilmu Sholawat Minyak Bathin


10. ilmu Ahli Rifa'i

ilmu Ahli Rifa'i ini adalah ilmu LANJUTAN (tahapan 2) atau PENYEMPURNA dari ilmu Hizib Rifa'i.

* untuk m.k (mahar kecil) berijazah ilmu Ahli Rifa'i ini : 915.000 saja
(biar kecil yang penting ikhlas dan anda ridho lillahi Ta'ala).

*** ilmu Ahli Rifa'i nya alhamdulillah telah selesai abah turun gunungkan.
dan ananda dapat melihatnya disini : ilmu Ahli Rifa'i


wassalamu 'alaikum...

28 komentar:

  1. assalamu alaikum bah
    kalau ta'awudz rosul bisa ganti pake pulsa gak bah

    BalasHapus
  2. @didin,
    waalaikum salam kang didin, untuk ta'awudz rosul 1 bisa kang didin ganti m.k nya dengan menggunakan pulsa.

    BalasHapus
  3. assalamualaikum abah..

    bah,saya mau tanya

    1.kenapa syarat2 ilmu pengobatan yang mantap2 diatas dan sholawat minyak bathin harus didasari 3 ilmu syahadat nur muhammad, sir syahadat nur muhammad, sholawat qulhu ghaib bukannya dengan 6 pondasi ilmu? kalau punya 6 pondasi ilmu saja bagaimana bah apa bisa jalan ilmunya? bagaimana dengan murid2 abah yang selesai dari 6 ilmu pondasi lanjutnya ke asma kasyaf bukan ke syahadat nur muhammad jadi "salah jalur" dong bah.. hehehe

    2. bagaimana urutan pengamalan syahadat nur muhammad sampai ke qulhu ghaib apa ada penyelarasan dulu? dan apa boleh di sekaliguskan pengerjaannya..

    3. sholawat minyak bathin sama gak bah dengan ajian minyak bathin? kalau beda MK sholawat minyak bathin berapa bah?

    BalasHapus
  4. @sam,
    waalaikum salam pak sam,pertanyaan yang baik pak sam dan abah akan jelaskan agar lebih dapat di fahami,heheee...
    seperti ini :

    1. syarat tersebut itu adalah sudah dari 'sono' nya pak sam (sudah dari gurunya,hehee)..
    dengan 6 pondasi ilmu itu 'bukan jalurnya' pak sam sebab ilmu ilmu pengobatan di atas (dulu,abah dapat 'rumus' atau petunjuk dari guru abah) itu harus dengan urutan 3 ilmu (ilmu Syahadat Nur Muhammad,ilmu Sirr Syahadat Nur Muhammad dan Sholawat Qulhu Ghaib) dan (ilmu pengobatan tersebut namun dengan 6 pondasi) itu insyaAllah tidak akan 'nyetel' atau tidak akan nyambung.
    anak murid abah (yang telah selesai dengan 6 pondasi ilmunya) dan lalu melanjutkan ke asma kasyaf atau ke ilmu saifi kelahiran itu adalah 'sudah benar jalurnya' pak sam sebab (setelah 6 pondasi ilmu) maka ke depannya adalah murid tersebut bebas untuk melanjutkan ke keilmuan yang mana saja (yang ia inginkan).

    2. urutannya : SNM (yang di amalkan 21 harian) - lalu ke sirr SNM - dan terakhir ke Sholawat Qulhu Ghaib.
    di sekaliguskan pengerjaannya juga itu adalah bisa pak sam.

    3. itu adalah berbeda dari ilmu aji minyak bathin pak sam dan MK nya (untuk sholawat minyak bathin tersebut) adalah 573 ribu pak sam (3 lipatan dari ilmu aji minyak bathin namun ada diskonnya pak sam,heheheee)...

    BalasHapus
  5. bah gimana tentang ilmu retreat saya ilmu cakra raja ghaib?

    BalasHapus
  6. @anang,
    oh kebetulan hatifnya belum ada mas anang.

    BalasHapus
  7. maaf bah mau tanya asma hadoroh,
    1.apaka dengan mengamalkan asma hadoroh dapat mengangkat benda" berat menjadi ringan
    2.apakah murid yang kita isi silat dengan asma hadoroh dapat digunakan selamanya kapanpun dan dimanapun si murid mau menggunakanya,atau hanya senentara saja bah
    3.maaf bah pertanyaan yg berbeda,apa ada ilmunya bah agar kuat wirid berjam" tidak nyeri pingang dan kakinya bah he..he..

    BalasHapus
  8. @srd,
    waalaikum salam pak srd, ilmu khusus untuk mengangkat benda berat jadi ringan itu (baiknya) dengan menggunakan ilmu aji kabedasan saja pak srd.
    (dengan ilmu Asma Hadhoroh itu mungkin kurang bisa pak srd,hehee)..

    2. itu bisa di gunakan untuk selamanya pak srd.

    3. heheheee..berjam jam itu adalah nantinya manusiawi pak srd,hehee..maksud abah : nyeri pinggang dan kaki insyaAllah dapat terasa bila kita melakukan wiridnya dengan berjam jam (lama).
    dan (mungkin) dengan menggunakan ilmu Asma Waris 2 mudah mudahan badannya pak srd dapat ada tambahan kekuatan di dalam bertahan di wiridan lama nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abah mengangkat benda berat jadi ringan itu (baiknya) dengan menggunakan ilmu aji kabedasan saja

      ilmu aji kabedasan nama nya ILMU apa ya?

      Hapus
    2. iya benar demikian nanda Shomad, ilmu Aji Kabedasan dapat ananda Shomad fahami di list ilmu 1.

      Hapus
  9. terimakasih bah asma waris2 saya sudah ijazah bah,lalu apakah caranya sebelum wirid asma waris2 nya dibaca dulu biar kuat wiridnya bah?

    BalasHapus
  10. @srd,
    sama sama pak srd dan alhamdulillah bila pak srd sudah memiliki ilmu asma waris 2 tersebut.
    bisa..pak srd bisa membacakan kalimat ilmu asma waris 2 nya terlebih dahulu dan setelah itu silahkan pak srd untuk mulai mengamalkan wirid wiridan ilmu ilmu yang lama waktunya dan (insyaAllah) nanti ada sedikit perbedaan di dalam daya pertahanan pak srd di dalam kekuatan (duduk bersilanya) ketika pak srd sedang mewiridkan ilmu ilmunya.

    BalasHapus
  11. terimakasi bah alhamdulillah bah langsung sya praktekan dan alhamdulillah ada sedikit perbedaan,seperti terasa adem di daerah pinggang

    BalasHapus
  12. @srd,
    sama sama pak srd dan alhamdulillah bila demikian pak srd,alhamdulillah..

    BalasHapus
  13. assalamu'alaikum bah,maaf bah mau tanya,ada gak ilmu transportasi yang berpindah tempat dengan sekejap mata tapi pengerjaanya kalau bisa yang tidak terlalu berat dan sulit,dan aliranya al hikmah atau berbahasa arab bah?

    BalasHapus
  14. @srd,
    waalaikum salam pak srd, ilmu transportasi seperti itu (berpindah tempat dengan sekejap mata dan alirannya alhikmah atau berbahasa arab) itu ada pak srd namun pengerjaannya adalah sangat berat dan sulit pak srd.
    (jadi atas pertanyaan dari pak srd yang pengerjaannya tidak terlalu sulit dan tidak memberatkan itu ilmunya di abah tidak ada pak srd).

    BalasHapus
  15. maaf bah kalau boleh tahu cara penyatuanya gimana untuk kesulitanya

    BalasHapus
  16. @srd,
    untuk penyatuannya : pak srd harus melaksanakan puasa selama 40 hari berturut turut,dan puasa 40 harinya adalah dengan hanya makan nasi sekepal di tambah 7 buah cabe rawit dan minumnya hanya setengah gelas (dan selama puasa 40 harinya pak srd makan dan minumnya hanya pada waktu maghrib saja.
    di waktu lain itu pak srd tidak boleh memakan apa apa lagi.
    dan tidak ada makan sahur atau tidak menggunakan sahur).

    BalasHapus
  17. wah lumayan berat bah,terimakasih bah pencerahanya

    BalasHapus
  18. @srd,
    iya pak srd pengerjaannya lumayan berat.
    sama sama..sama sama pak srd.

    BalasHapus
  19. Abah ada tidak ilmu untuk membuat rumah tangga harmonis salah satu contoh banyak orang yang bercerai kadang mereka membawa anaknya tapi setelah mereka menikah lagi anak mereka tidak boleh dibawa tinggal bersama mereka lagi tapi tinggal sama orang tua mereka,nah ada tidak ilmu yang buat kita bisa sareat agar seorang dapat akur rumah tangga nya agar misalnya mereka membawa anak sambung dapat di terima di keluarga mereka

    BalasHapus
  20. Kalo ada boleh tau nama ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya ilmu Asma Pasutri tingkat 2 nanda Udin.

      Hapus
  21. Menggunakan bahasa apa

    BalasHapus
  22. Maaf bah kalo boleh tau asma pasutri ada berapa tingkat, terus manfaat tiap tingkat untuk apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ilmu Asma Pasutri itu ada 3 tingkat nanda Indra, dan untuk masing masing kemanfa'atannya :
      - ilmu Asma Pasutri tingkat 1 : ilmu khusus untuk memperoleh keturunan (ilmu khusus agar di beri keturunan oleh Allah SWT untuk yang sudah berumah tangga yaitu berupa seorang anak).
      dan bila ilmu Asma Pasutri tingkat 1 ini dapat nanda Indra amalkan dengan lewat 40 hari insyaAllah rezeqinya nanda Indra deras seperti air hujan.
      - ilmu Asma Pasutri tingkat 2 : ilmu khusus untuk keharmonisan (keakuran) di dalam rumah tangga kita.
      ada khasiat lebihnya yaitu bila nanda Indra sudah dapat mengamalkan ilmu Asma Pasutri tingkat 2 ini dengan system lebih dari 40 hari insyaAllah nanda Indra akan di sukai oleh orang yang memandang ke nanda Indra.
      - ilmu Asma Pasutri tingkat 3 : ilmu khusus agar isteri kita tidak dapat di "nakali" oleh lelaki mana pun (insyaAllah isteri kita hanya setia terhadap kita saja.
      Dan bagi para isteri bila ilmu Asma Pasutri tingkat 3 ini di amalkan dan di khususkan untuk suaminya maka insyaAllah suaminya tidak akan berani "nakal" terhadap wanita mana pun).
      dan bila ilmu Asma Pasutri tingkat 3 ini dapat nanda Indra amalkan dengan lewat 40 hari insyaAllah badannya tidak akan mudah sakit (nanti seperti kita memiliki ilmu kejayaan) dan rezeqinya nanda Indra insyaAllah akan awet (bila nanda Indra berdagang misalnya maka insyaAllah dagangannya tidak akan mudah bangkrut).

      Hapus

untuk berkomentar :

1. pertama : silahkan Anda Klik Menu "Masukkan komentar"

2. lalu pada "Beri Komentar Sebagai" maka silahkan Anda klik dan pilih menu Name/Url
(Jangan pilih Anonim karena komentar Anda Tidak akan abah tampilkan)
** dan silahkan Anda isikan namanya (boleh nama asli, nama panggilan akrabnya juga silahkan.

dan untuk Url nya di biarkan atau tidak di isi juga boleh.
** setelah Menulis Nama lalu silahkan Anda klik LANJUTKAN).

- dan setelah itu silahkan Anda Berkomentar, dan lalu klik Publikasikan, selesai..

TAMBAHAN :
** untuk komentar yang ke 201, 401, 601 dan seterusnya silahkan Anda klik pada tulisan "muat yang lain".