Header Ads

ilmu Sholawat Minyak Bathin

assalamu 'alaikum...

alhamdulillah..wasy-syukru 'ala ni-'amillah..

pada hari ini akan abah 'turun gunung'kan lagi sebuah ilmu sholawat yang insyaAllah banyak manfa'at dan juga keberkahan keberkahannya.

nama sholawatnya adalah 'agak aneh' sedikit ya anak anakku,namanya yaitu Sholawat Minyak Bathin.

- apakah Sholawat Minyak Bathin ini (ilmunya) adalah sama dengan "ilmu Aji Minyak Bathin" ya abah??

+ tentu beda..
+ tujuannya adalah sama yaitu untuk memperlancar perjalanan seputar kehidupan kita dan yang membedakannya adalah kalimatnya saja.


Sholawat Minyak Bathin ini adalah sholawat khusus pendongkrak kehidupan kita yang mana (Guru besar abah pernah bilang) bahwa yang DIRINYA MERASA KURANG LANCAR baik itu di dalam ma-'isyah atau perjalanan usaha (usaha dan dagang sering gagal,dan bangkrut malahan yang ada),sudah berusia lanjut namun masih belum dapat pasangan hidup yang pas.
jual barang seperti rumah atau mobil selalu dapat 'janji' doang,heheee...(janjinya : mau di bayar bulan februari,eehhhh...hingga februari 3 tahun ke depan ia atau pembelinya 'gak' muncul muncul alias 'ngilang' tiada kabar beritanya alias 'kaclep',heheee..)

dan juga KESULITAN KESULITAN lainnya.


KESULITAN : adalah sesuatu yang bermakna MACET,dan (KALAU ISTILAH KENDARAAN,DAN KEBETULAN SEDANG MACET,SEBUAH KENDARAAN RODA DUA,MOTOR MISALNYA) maka ananda bisa men'cek' akan RODA dari motor tersebut karena BARANGKALI SAJA motor tersebut 'kurang minyaknya',hehee..

Guru besar abah (dulu) pernah mengatakan hal ini kepada abah : bila rantai di sebuah motor selalu ter'minyaki' insyaAllah rodanya akan melaju dengan lancar.
dan (BEGITU JUGA DENGAN KEHIDUPAN SEHARI HARI KITA) bila kita MINYAKI ruh kita (dengan berkah dan washilah yaitu kita baca,amal dan dawamkan Sholawat Minyak Bathin ini) insyaAllah perlahan lahan hidup kita akan mulai lancar,aamiin...


fadilah (dari Sholawat Minyak Bathin ini) SECARA GARIS BESARnya adalah khusus untuk 'memperbaiki' diri kita dari segi 'aura rezeqi' dan 'aura diri'.
maksud abah : memperbaiki disini BERMAKNA memperlancar.

setelah lancar : insyaAllah rezeqinya ananda semuanya lebih terbuka lebar dan insyaAllah kemahabbahannya orang lain kepada ananda itu lain dari pada yang lain (lebih mahabbah atau suka kepada ananda.
dan walau ananda baru bangun dari tidurnya misalnya.. insyaAllah ganteng terus kelihatannya,keren khan ya anak anakku,heheheheeee)...


INTINYA : dengan berkahnya kita mengamalkan Sholawat Minyak Bathin ini insyaAllah :

- kesulitan akan rezeqi insyaAllah perlahan lahan akan Allah SWT Gantikan dengan KEMUDAHAN.

- orang yang memandang ananda insyaAllah MAHABBAHnya (RASA SUKANYA KEPADA ANANDA) insyaAllah naik (insyaAllah ananda akan sangat di sukai oleh orang lain).


dan (Guru abah pernah berwasiat) bahwa SIAPA PUN ORANGNYA YANG SUDAH DAPAT MENGAMALKAN ILMU SHOLAWAT INI DENGAN RUTIN PADA SETIAP HARI MAKA (INSYAALLAH) SEBELUM GENAP 1 TAHUN (dari pengamalan rutinannya) insyaAllah ia (pengamal sholawat tersebut) akan Allah SWT Kaya kan (di berikan kekayaan) hal duniawi,insyaAllah...

(dan) bila ananda sudah mulai memiliki banyak harta (kaya raya istilahnya) maka sholawat ini jangan ananda main tinggalkan saja.

maksud abah : semakin mudah kita hidup dan semakin mudah kita mendapatkan harta kekayaan duniawi maka semakin dekatlah ananda kepada Allah SWT (jangan lantas menjadi orang sombong dan juga jangan pernah untuk meninggalkan atau tidak membaca sholawat Minyak Bathin ini ya anak anak ku).


TAMBAHAN :

Sholawat Minyak Bathin ini HARUSLAH DI IRINGI dengan ilmu ilmu di bawah ini yaitu :

1. ilmu Sirr Syahadat Nur Muhammad (Sirr SNM)

2. ilmu Syahadat Nur Muhammad (ilmu SNM)

3. dan juga ilmu Sholawat Qulhu Ghaib

+ kenapa harus di iringi dengan ke 3 deretan ilmu di atas?? sebab bila TIDAK DI IRINGI DENGAN SYARI'AT KE 3 ILMU DI ATAS insyaAllah pengamalan Sholawat Minyak Bathin nya insyaAllah tidak akan 'full akses' atau tidak akan sempurna ilmunya.


- bagaimana ya abah untuk mendapatkan ke 3 ilmu di atas??

+ ya...ananda lakukan saja ijazahnya,mudah kok,heheeee...


dapat ananda semuanya fahami?? alhamdulillah...

baiklah....teruntuk ananda semuanya yang ingin memiliki ilmu Sholawat Minyak Bathin ini dapat terlebih dahulu untuk mendownload file zip nya disini : sholawat-minyak-bathin.zip

untuk m.k (mahar kecil) ijazahan ilmu Sholawat Minyak Bathin nya : 573.000 saja
(yang penting ikhlas dan ridho lillahi Ta'ala).

ada diskonnya dan silahkan anda klik : disini


DAN UNTUK PENGGUNA HP juga sekaligus sebagai petunjuk (UNTUK ANAK DIDIK ABAH YANG BARU MASUK) untuk bagaimana tatacara mendapatkan ijazah keilmuan ini (juga untuk dapat mengetahui data abah seperti NO HP,PIN BB,WHATSAPP dan lainnya) silahkan untuk masuk (klik) dahulu ke halaman ini : TATA CARA BERIJAZAH ILMU.


sudah dapat ananda semuanya fahami?? alhamdulillah...

alhamdulillah..dan silahkan ananda amalkan dan abah do'akan agar ilmu Sholawat Minyak Bathin nya berkah dan juga bermanfa'at bi idznillahi wa bi ridho-iHi , aamiin aamiin ya Allah ya Robbal 'alamina wa yaa Mujiibad da'watis saa-iliina wa yaa Arhamar Roohimiina , wal hamdu lillahi Robbil 'alamina.

bagi ananda (anak anak didik abah) yang akan berijazah akan ilmu ini abah ucapkan : "AJAZTUKA"

dan (nanti) silahkan ananda jawab (di kotak komentarnya) dengan kata : "QOBILTU".

wallohu a'lam, akhirul kalam : wassalamu 'alaikum...

50 komentar:

  1. Qobiltu abah mohon do'a dan bimbingannya

    BalasHapus
  2. @sn,
    alhamdulillah..abah ijab juga wariskan ilmu Sholawat Minyak Bathin tersebut khusus untuk pak sn,dan abah persilahkan pak sn amalkan juga pergunakan ilmu Sholawat Minyak Bathin nya.
    insyaAllah..insyaAllah abah do'akan agar ilmu Sholawat Minyak Bathinnya berkah,karomah dan kemanfa'atannya dapat selalu pak sn rasa dan raih di dalam kehidupan sehari hari nya hingga hari akhirat kelak (fiddaaroini) dan insyaAllah pak sn abah bimbing selalu.

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum abah,

    Mantap sekali fungsi2 ilmu ini abah,

    Abah tolong ceritakan sedikit yg dimakasud nur muhammad itu apa? Sepertinya luar biasa sekali, banyak ilmu yg harus didasari dengan mengaktifkan nur muhammad..

    Oya abah, ada berapa macam ilmu yg mesti didasari dengan nur muhammad ini? karna kalau saya tidak salah asma delima dan asma jadzab pun harus didahului nur muhammad ini, mudah2an semua ilmu yg didasari nur muhammad ini masuk list ijazahan dibulan ramadhon ini..

    BalasHapus
  4. @Ade,
    waalaikum salam mas Ade, hehee..terimakasih mas Ade.

    nur Muhammad itu (SECARA GLOBAL atau umum) adalah simpul diri atau usul diri kita.
    (kalau di jelaskan secara tertulis mungkin akan sangat panjang bahasannya dan oleh sebab itu abah tuliskan kesimpulannya saja ya mas Ade).
    jadi : ilmu Nur Muhammad adalah ilmu pembuka simpul diri (simpul ini adalah titik, titik keberuntungan).
    wallahu a'lam.

    pondasi dasarnya (untuk ilmu Nur Muhammad) itu adalah tetap 7 pondasi ilmu mas Ade.

    aamiin ya Allah.

    BalasHapus
  5. Kalau dibuat listnya ada berapa macam ilmu yg mengikut dengan ilmu syahadat nur muhammad ini abah? Selain yg sudah disebutkan dalam list, seperti sir SNM, SQG , Sholawat minyak bathin, dan macam2 ilmu pengobatan di list 4..

    BalasHapus
  6. @Ade,
    yang ilmu asma wali qutub juga sangat tepat bila mas Ade sambungkan dengan ilmu syahadat Nur Muhammad tersebut.

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum bah guru,coba di CEK bah,kalok DISKON di bulan puasa,brapa jadinya.
    1.asma salam rijalur gaib-100
    2.asma khotim-101
    3.ajimat anti maling-212
    4.ilmu asma furuj tahapan 1-300
    5.asma Qola musa tingkat guru-400
    6.ilmu asma keramat patih-867
    7.shadat nur muhammad-812
    8.ilmu sir shadat nur muhammad-812
    9.ilmu sholawat kulhu gaib-812
    10.sholawat minyak batin-573
    11.ilmu hijib jabal ikhlas-1459
    12.saifi khalahiran-1919.

    insha allah besok kalok ada waktu MK nya saya kirim bah,
    Sekian dan trimakasih bah wassalamualaikum.

    BalasHapus
  8. @Man,
    waalaikum salam mas Man, untuk diskonnya (yang 50%) akan abah jumlahkan dahulu seluruhnya.
    dan setelah itu akan abah diskon 50% (di potong,dengan potongan 50% atau potongannya setengah harga),seperti ini mas Man :
    100.000 + 101.000 + 212.000 + 300.000 + 400.000 + 867.000 + 812.000 + 812.000 + 812.000 + 573.000 + 1.459.000 + 1.919.000 = 8.367.000

    jadi : ke 12 ilmu tersebut totalnya (m.k normalnya) adalah 8.367.000 mas Man.

    dan setelah diskon 50% (di potong diskon 50% atau di potong setengah harga) maka : sekarang : untuk berijazah ke 12 ilmu tersebut adalah menjadi 4.183.500 saja mas Man.
    (8.367.000 : 2 = 4.183.500).

    (di hitungan abah di atas mas Man boleh menghitungnya kembali di karenakan abah takut ada yang salah,hehee)..

    oh boleh mas Man.

    BalasHapus
  9. assalamu'alaIkum abah shalawat minyak bathin top bangat abah aura mahabbahnya cepat terasa saya ngamalin hanya 2 hari betul kata abah pendongkrah aura diri makasih abah

    BalasHapus
  10. Sippp hitungan nya dah bener bah,gak ada yg salah,esok saya kasitau lewat SMS kalok MK nya sudah saya kirim bah.

    BalasHapus
  11. @SN,
    waalaikum salam pak SN, alhamdulillah wasy-syukru lillah atas ni'mat,berkah,manfa'at untuk pak SN (yang Allah SWT Anugerahkan untuk pak SN),alhamdulillah..

    sama sama pak SN.

    BalasHapus
  12. @Man,
    alhamdulillah bila sudah benar.

    oh sip boleh mas Man.

    BalasHapus
  13. antara ilmu ini dgan ilmu laduni dunya powernya gmn bah ? sebanding atau lbh bsar

    BalasHapus
  14. @wiro,
    dengan ilmu laduni dun-ya powernya insyaAllah seimbang (se banding) pak wiro.

    BalasHapus
  15. Qobiltu ilmu sholawat minyak batin nya bah guru.

    BalasHapus
  16. @Man,
    alhamdulillah..abah ijab juga wariskan ilmu Sholawat Minyak Bathin tersebut khusus untuk mas Man,dan abah persilahkan mas Man amalkan juga pergunakan ilmu Sholawat Minyak Bathin nya.

    BalasHapus
  17. assalamu'alaikum abah selama ngamalin shalawat minyak bathin alhamdulillah rejeki ada trus.saya lagi takde uang ada kawan telpon saya kasih pinjaman betul kata mu'jizatnya shalawat minyak bathin cepat terasa saya selalu baca tak pernah tinggal walaupun diluar shalat terima kasih abah atas semua bimbingannya.

    BalasHapus
  18. @SN,
    waalaikum salam pak SN, alhamdulillah..senang abah mendengarnya pak SN,alhamdulillah..

    sama sama..sama sama pak SN.

    BalasHapus
  19. lngsung ke ISMBatin blh g bah.ap hrus urut drSNM

    BalasHapus
  20. @ari,
    baiknya : di urutkan dahulu mas ari dari SNM nya.

    BalasHapus
  21. muhammad abdul adhim13 Juni 2016 pukul 21.51

    Bismilllahirrohmanirrohim
    saya Muhammad Abdul Adhim bin h. dimyati binti tasminah dengan sepenuh hati mengucapkan QOBILTU akan ilmu Sahadat nur muhammad, sirr sahadat nur muhammad, asmak sholawat minyak batin, asmak gurah suara, dan asmak sariyah yang saya dapatkan ijazahnya dari Abah Saepudin bin Kyai Haji Hasan Basri" semoga barokah,..amin ya robbal alamiin

    BalasHapus
  22. @muhammad abdul adhim,
    aamiin aamiin ya Allah ya Robbal 'alamiina dan alhamdulillah..abah ijab juga wariskan ke 5 ilmu (ilmu Syahadat Nur Muhammad,ilmu Sirr Syahadat Nur Muhammad,ilmu asmak Sholawat Minyak Bathin,ilmu asmak Gurah Suara dan ilmu asmak Sariyah) tersebut khusus untuk pak muhammad abdul adhim,dan abah persilahkan pak adhim amalkan juga pergunakan ke 5 ilmu ijazahan nya.

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum salam takzim dari murid abah ini , abah bagaimana kabarnya?semoga abah beserta sekeluarga dalam keadaan sehat wal'afiat .pertama' saya ingin minta maaf kepada abah bilamana saya banyak kesalahan baik sengaja atau tidak sengaja , dan kedua saya ingin bertanya mslah ilmu sholawat ini apakah bisa kita ijazahkan ke sanak keluarga bah?

    BalasHapus
  24. @DalyR,
    waalaikum salam mas Daly, abah beserta keluarga alhamdulillah sehat.
    aamiin ya Allah ya Robbal 'alamina dan abah juga do'akan agar mas Daly selalu berada di dalam ni'mat dan sehat.

    sama sama..sama sama mas Daly.

    bisa..nanti setelah mas Daly memiliki ilmu sholawat ini nanti mas Daly dapat dan bisa untuk mengijazahkannya kembali kepada sanak saudara dan keluarga serta orang orang yang membutuhkan bantuan dari mas Daly seperti tamu atau pasien atau temannya mas Daly sendiri.

    BalasHapus
  25. Bah pami bentena srg aji minyak batin

    BalasHapus
  26. @yusup,
    benten na dupina dina segi energi sareng karomahna pak yusup.

    BalasHapus
  27. Qobiltu akan ilmu sholawat minyak bathin yang saya dapatkan ijazahnya dari Abah saepudin bin kyai haji hasan basri

    BalasHapus
  28. @win,
    alhamdulillah..abah ijab juga wariskan ilmu Sholawat Minyak Bathin tersebut khusus untuk pak win,dan abah persilahkan pak win amalkan juga pergunakan ilmu Sholawat Minyak Bathin nya.

    BalasHapus
  29. Qobiltu utk ilmu sholawat minyak batin dr abah, mohon doa&bimbingan'a jg

    BalasHapus
  30. @febbi,
    alhamdulillah..abah ijabkan serta wariskan ilmu Sholawat Minyak Bathin tersebut khusus untuk neng febbi,dan abah persilahkan neng febbi amalkan juga pergunakan ilmu Sholawat Minyak Bathin nya.
    insyaAllah insyaAllah abah bimbing selalu untuk neng febbi dan (akan ilmu Sholawat Minyak Bathin yang neng febbi pegang serta amalkan) abah do'akan agar neng febbi dapat segera merasakan berkah,manfa'at serta karomah nya.

    BalasHapus
  31. Melanjuti sms saya ke hp Abah..untuk bacaan ilmu smb yg biasanya diborong dalam 1waktu terus dirubah karena ada sesuatu hal..jadi yg biasanya 146kali dalam satu waktu diubah 146:2 waktu apakah boleh Abah

    BalasHapus
  32. Maaf satu lg Abah dimalam ke6&7 pas baca amalan ilmu smb badan sangat panas gerah padahal saya baca jm 2 malam..apakah saya yg ga kurang konsentrasi dlm membacanya..

    BalasHapus
  33. @win,
    seperti itu boleh silahkan pak win.

    BalasHapus
  34. @win,
    seperti itu (panas dan gerah di badan) itu insyaAllah bukan dari kurangnya konsentrasi dari pak win namun insyaAllah itu adalah energi ilmu sholawat minyak bathinnya yang sedang berusaha untuk menyatu di badannya pak win hingga pak win dapat merasakan panas dan gerah di badannya.

    wallahu a'lam.

    BalasHapus
  35. As. Wr. Wb. Abah, Alhamdulillah dgn sarana sholawat minyak bathin, doa saya dikabulkan oleh Allah, yg mana saya sudah lama ingin jual rumah dan tidak begitu lama, sekarang rumah saya udah terjual dan bahkan yang menginginkan rumah saya bukan 1 orang saja bahkan tiga orang antri. Trimakasih Abah atas bantuanya.

    BalasHapus
  36. @UW,
    waalaikum salam wr wb pak UW,alhamdulillah..syukron 'ala ni'amillah..abah ikut senang mendengarnya pak UW.

    sama sama..sama sama pak UW.

    BalasHapus
  37. Assalam mualaikum bah guru,
    Kalok aku dulu di malam pertama mengamalkan sholawat minyak batin ini,sensasi yg ku rasakan sperti di dalam kulkas/adem bah,dan pada waktu aku tidur terasa sekali kayak ada yang masuk melalui telinga kanan,sampe aku kebangun saking kaget nya bah,
    Apa setiap orang itu beda-beda ya bah dalam merasakan sensasi dari setiap ilmu yg di amalkan bah,
    Alhamdulillah sejak mengamalkan SMB semuanya lancar-lancar saja,dari segi mahabbah pun super juga bah,
    Sekian dan terimakasih abah guru wassalamualaikum.

    BalasHapus
  38. @Man,
    waalaikum salam mas Man,alhamdulillah..alhamdulillah bila demikian mas Man.
    insyaAllah setiap pengamal itu sensasi nya adalah berbeda beda mas Man.

    alhamdulillah..sama sama..sama sama mas Man.

    BalasHapus
  39. Qoviltu abah ilmu sholawat minyak bathin na

    BalasHapus
  40. @otong a,
    alhamdulillah..ku abah ilmu Sholawat Minyak Bathin na di ijab sareng di wariskeun khusus kangge kang otong a,mangga kang otong amalkeun tur anggo ilmu Sholawat Minyak Bathin na.

    BalasHapus
  41. Qobiltu, mohon doanya guru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah..abah ijab juga wariskan ilmu Sholawat Minyak Bathin tersebut khusus untuk pak sofiyan,dan abah persilahkan pak sofiyan amalkan juga pergunakan ilmu Sholawat Minyak Bathin nya.
      insyaAllah insyaAllah abah do'akan agar ilmu Sholawat Minyak Bathin nya bermanfa'at dan berkah selalu untuk pak sofiyan pegang serta amalkan di aktifitas dzikir dan kehidupan di kesehariannya.

      Hapus
  42. Assalamualaikum wr.wb
    Sy budi santoso bin hassannudin
    Qobiltu abah untuk ilmu sholawat minyak bathin dengan sempurna, Semoga berkah dan menjadi manfaat untuk sy pribadi dan orang banyak amin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikum salam pak Budi, aamiin aamiin ya Allah ya Robbal 'alamina dan alhamdulillah..abah ijab juga wariskan ilmu Sholawat Minyak Bathin tersebut khusus untuk pak Budi Santoso bin bapak Hasannudin,dan abah persilahkan pak Budi amalkan dan juga pergunakan ilmu Sholawat Minyak Bathin nya.

      Hapus
  43. Qobiltu qobiltu qobiltu untuk ijazah keilmuan :

    (1.) Sholawat Minyak Batin

    secara komplit dan sempurna bersama amalan dan isinya al katib wal mu'jiz, (yang menuliskan, dan yang mengijazahkan) : abah guru saifudin bin kh hasan basri, semoga ilmunya bermanfaat lahir batin baik untuk diri sendiri, keluarga atau untuk lingkungan sekitar yg membutuhkan amin amin amin ya allah ya robal alamin

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin aamiin ya Allah ya Robbal 'alamina dan alhamdulillah..abah ijab serta wariskan ilmu Sholawat Minyak Bathin tersebut khusus untuk mas alif, dan abah persilahkan mas alif untuk mengamalkan serta mempergunakan ilmu Sholawat Minyak Bathin nya.

      Hapus
  44. assalamu alaikum wr.wb
    kalau langsung ke salawat minyak batin tanpa 3 ilmu di atas apa di perbolehkan ?
    jika di bandingkan dengan salawat qulhu gaib power nya lebih kuat mana untuk menarik rizqi

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikum salam wr wb pak Indra, langsung ke Sholawat Minyak Bathin ini adalah di perbolehkan, dan insyaAllah (khusus di power penarikan rezeqinya) yang Sholawat Minyak Bathin ini insyaAllah lebih baik pak Indra.

      Hapus
  45. Bismillahirrahmanirrahim..
    Saya Anas dengan sepenuh hati mengucapkan QOBILTU saya terima dengan sempurna amalan beserta isinya dari :
    Ilmu asma minyak bathin
    yang ijazahnya saya dapatkan dari Abah guru Saepudin bin kyai haji hasan basri..
    Mohon doa restu dari Abah guru semoga ilmunya..
    1. cepat merasuk ke badan saya..
    2. saya diberikan kemudahan untuk Istiqomah dalam pengamalannya..
    3. serta membawa keberkahan untuk saya dan keluarga di dunia dan akhirat..
    Amiin ya robbal 'alamin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin aamiin ya Allah ya Robbal 'alamina dan alhamdulillah..abah ijab serta wariskan ilmu Sholawat Minyak Bathin tersebut khusus untuk ananda Anas Ihwani, dan abah persilahkan ananda Anas amalkan serta pergunakan ilmu Sholawat Minyak Bathin nya dan insyaAllah insyaAllah abah do'a restui untuk ananda Anas di pengamalan ilmu Sholawat Minyak Bathin nya dan abah do'akan agar ilmu Sholawat Minyak Bathin nya lekas cepat masuk menyerap di badannya ananda Anas serta abah do'akan agar ananda Anas dapat selalu mengistiqomahkan di dalam mengamalkan ilmu Sholawat Minyak Bathin nya serta abah do'akan agar ilmu Sholawat Minyak Bathin nya barokatan wal manfa'atan li ananda Anas fiddaaroini.

      Hapus

untuk berkomentar :

1. pertama : silahkan Anda Klik Menu "Masukkan komentar"

2. lalu pada "Beri Komentar Sebagai" maka silahkan Anda klik dan pilih menu Name/Url
(Jangan pilih Anonim karena komentar Anda Tidak akan abah tampilkan)
** dan silahkan Anda isikan namanya (boleh nama asli, nama panggilan akrabnya juga silahkan.

dan untuk Url nya di biarkan atau tidak di isi juga boleh.
** setelah Menulis Nama lalu silahkan Anda klik LANJUTKAN).

- dan setelah itu silahkan Anda Berkomentar, dan lalu klik Publikasikan, selesai..

TAMBAHAN :
** untuk komentar yang ke 201, 401, 601 dan seterusnya silahkan Anda klik pada tulisan "muat yang lain".